Sewa dan Rental Air Compressor Cikarang

Tanggal :2/21/2022 9:45:00 AM Penulis : Arief Rachman

Sewa dan Rental Air Compressor Cikarang - Daerah Cikarang merupakan kawasan industri yang berada di Kabupaten Bekasi. Berikut adalah masalah yang biasa terjadi pada Air Kompresor.

Air kompresor adalah mesin yang sangat kuat dan sangat diperlukan untuk mengefisienkan waktu beberapa pekerjaan. Mesin pekerja keras ini sudah membuktikan manfaatnya bahwa ia adalah sebuah mesin yang harus dimiliki baik dalam komersil maupun industrial untuk meningkatkan produksi sehari-hari. Selain itu air kompresor adalah alat serbaguna & fleksibel yang dibuat berbagai macam tipe untuk penggunaan yang berbeda-beda.

Masalah-Masalah Pada Air Compressor

Seperti kebanyakan mesin yang sering digunakan sehari-hari, air kompresor juga membutuhkan pemeliharaan secara berkala untuk tetap memberikan keefisienan dan keefektifan kerja. Bagaimanapun, jika digunakan terus-menerus sebuah mesin akan rentan terhadap keausan dan akhirnya akan terdapat issue/troubleshooting pada mesin. Jika sudah mengalami masalah langkah pertama yang harus dilakukan adalah tau apa penyebabnya.

  1. Compressor Failure / Kompresor Tidak Bisa Menyala

Kompresor tidak bisa menyala adalah masalah yang paling sering dijumpai.

  • Kompresor Tidak Menyala (Fails To Start)

Banyak kemungkinan-kemungkinan kenapa sebuah kompresor tidak menyala, salah satunya adalah tidak tersambungnya power kabel listrik atau saklar power. Bisa juga terjadi karena kurangnya udara yang mengakibatkan pemutusan tekanan. Yang terakhir adalah kekurangan cairan/Oli.

  • Kompresor Tidak Bisa Mati (Fails To Stop)

Mesin kompresor harus dalam keadaan mati saat tangki pressure mencapai titik cut-off. Tapi jika tidak bisa jadi karena katup Pelepas tekanan rusak atau saklar power yang rusak.

  • Tidak Menghasilkan Tekanan Yang Cukup

Jika kompressor menyala tetapi tidak menghasilkan tekanan, maka ada masalah dengan pompa pemasukan udara anda. Atau bisa jadi ada masalah dengan gasket di antara ruang tekanan rendah dan tinggI dari sebuah kompresor.

  1. Mati Secara Tiba-Tiba

Saat kompresor hanya menyala sebentar dan mati tiba-tiba, bisa jadi ada masalah dengan mesin motornya. Bisa juga karena katup bongkarnya, dan jika sudah dicek tetapi masih mati maka sudah waktunya untuk mengganti katupnya.

  1. Kebocoran Udara

Saat mesin mati pada posisi tank penuh dan alat ukurnya menunjukkan tekanan rendah maka anda punya masalah dengan kebocoran udara. Biasanya kebocoran terjadi ketika katup tidak bisa menutup secara menyeluruh. Tapi jika alat ukur tekanannya terus turun ketika dimatikan maka harus dilakukan penggantian katup.

  1. Masalah Tekanan Dan Aliran

Masalah tekanan dan aliran adalah masalah yang lebih ringan dibanding yang lain. Biasanya mesin akan terus menunjukkan bahwa tidak terjadi apa-apa tapi kompresor bisa saja menyimpan banyak udara atau bahkan tidak menympan sama sekali. Jika hal ini terjadi anda harus mengganti beberapa komponen.

Selain itu, karena saringan masuk yang terhalangi sehingga menjadikan tank membutuhkan waktu yang lama untuk pengisian, coupler yang tidak pas bisa menghalangi aliran udara. Dan, pengukur tekanannya disetel ke rendah.

  1. Kebisingan Dan Getaran Yang Tidak Dikenal

Kebisingan atau getaran yang tidak biasa yang datang dari kompresor udara bisa menandakan ada masalah. Sinyal tersebut adalah sinyal adanya malfungsi internal dalam kompresor udara. Dan biasanya jika casenya sudah masuk dalam suara dan getaran yang keluar dari kompresor artinya anda harus mengganti bagian-bagian dari kompresor..

Kebisingan dan getaran dapat terjadi karena:

  • Loose Parts (Bagian di mesin longgar)
  • Faulty Crankcase (bak mesin rusak) 
  • Problem pistons (piston yang bermasalah) 
  • Improper mounting (pemasangan yang tidak tepat)
  1. Masalah Oli

Persoalan dengan oli bisa mengakibatkan kerusakan yang parah pada kompresor. Masalah yang biasa ditemukan adalah:

  • Oli kadaluwarsa – saat oli tidak bertahan lama bisa disebabkan oleh beberapa faktor termasuk penyumbatan saluran masuk, kebocoran oli, ring piston, dan kekentalan oli yang tidak tepat.
  • Aerosolized Oil (Minyak Aerosol) – oli bisa mengkontaminasi beberapa bagian dari mesin dan merusaknya. Oli atau minyak yang tersebar bisa menyebabkan penutupnya membengkak atau pecah dan untuk beberapa area yang dibuat dari plastic bisa menyebabkan kerapuhan.
  1. Overheating

Ketika kompresor mengeluarkan udara yang terlalu panas tentu saja akan merusak kompresor atau permukaan yang berhubungan dengan kompresor itu sendiri. Bahkan mesin di dalam juga bisa beresiko terkena kerusakan.
Overheating bisa terjadi akibat:

  • Penumpukan kotoran dalam kompresor
  • Kompresor diletakan atau ditaruh di tempat yang panas dan ventilasi udaranya kurang
  • Head Gasket dan katupnya rusak
  • Kompresor memiliki limit udara yang dapat diambil.

Kompresor memerlukan bagian-bagian yang harus diganti atau direlokasi tergantung dengan masalah yang menyebabkan kompresor jadi overheating.

Untuk memperbaiki air kompresor yang rusak membutuhkan tenaga ahli dan juga mesin kompresor pengganti yang akan dipakai saat servis kompresor. Maka dari itu, rentalkompressor.com sebagai perusahaan yang bergerak di bidang sewa dan rental air kompresor serta layanan inspeksi dan maintenances pada air kompresor, kami menyewakan air kompresor. kami menyewakan unit yang sehat, ready, aman, dan terjamin kualitasnya. 

Baca Lebih LanjutContact Us 

Untuk produk air compressor yang berkualitas dan servis bisa hubungi kontak yang telah disediakan.

kategori

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot